Header AD

Beberapa Tips Mengoptimasi Blog/Website Untuk Pemain Google Adsense Pemula

Image via Udemy

Ketika kita bicara tentang optimasi blog, maka ini tidak hanya tentang SEO (search engine optimization). Optimasi blog/ website itu banyak sekali, termasuk diantaranya adalah optimasi layout blog/ website, optimasi judul agar menarik, optimasi penempatan iklan, dan optimasi lainnya.

Nah, di artikel ini saya ingin membahas tentang beberapa tips untuk mengoptimasi blog kaitannya untuk meningkatkan pendapatan dari Google Adsense. Tips ini saya rangkum dari beberapa sumber, dan sudah saya praktekkan pada beberapa blog yang saya kelola. Hasilnya cukup bervariasi, namun secara keseluruhan optimasi ini terbukti dapat meningkatkan penghasilan dari Google Adsense.

Berikut ini adalah 8 tips mengoptimasi blog untuk pemain Google Adsense pemula:

1. Memilih Niche Untuk Blog

Ini adalah satu dari sekian banyak hal yang mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam bermain Google Adsense. Niche (cerug) sebuah blog, selain berpengaruh pada besarnya CPC (cost per click) juga berpengaruh pada besarnya potensi trafik yang akan masuk ke sebuah blog/ website. Dan pada akhirnya, akan sangat berpengaruh pada besarnya earning yang kita dapatkan dari Google Adsense.

Ada orang yang menyarankan untuk memilih niche yang sesuai dengan minat dan kemampuan, dan ada juga yang menyarankan untuk memilih niche yang banyak dicari di internet. Kedua pendapat itu ada benarnya.

Tapi menurut saya, jika ingin mendapatkan banyak uang dari Google Adsense, langkah terbaik adalah memilih niche yang Anda sukai dan tidak berhubungan dengan topik blogging dan make money online.

Kenapa?

Karena visitor blog yang datang dari niche ini (blogging dan make money online) biasanya mereka yang punya kesadaran tinggi tentang kehadiran iklan Adsense di dalam sebuah blog/ website. Dan kemungkinan besar klik iklan (CTR) di blog/ website Anda akan sangat kecil, sehingga penghasilan Anda tidak maksimal.

Bagaimana jika saya tetap ingin membidik visitor di niche blogging & make money online, tapi juga ingin meningkatkan penghasilan dari Google Adsese di blog tersebut?

Langkah yang bisa kita lakukan adalah sedikit memperlebar topik blog/ website yang dibangun. Anda bisa membidik topik tentang bisnis umum, misalnya bisnis waralaba, bisnis rumahan, dan lain-lain yang masih berhubungan dengan topik bisnis. Atau bisa juga mengulas tentang orang-orang terkenal di dunia bisnis, baik bisnis online ataupun bisnis online.

Pengunjung dari topik ini (bisnis umum) biasanya adalah kalangan pemula yang ingin belajar memulai bisnis, entah itu bisnis offline ataupun bisnis online. Dan sebagian besar dari mereka tidak begitu menyadari tentang iklan Adsense yang ada di sebuah blog/ website, sehingga peluang mendapatkan klik iklan akan lebih besar.

Memang niche terbaik adalah niche yang Anda sukai dan kuasai. Namun, Anda juga bisa mengeksplore topik lain yang agak melebar dan berhubungan dengan niche utama blog Anda. Selain itu, niche dengan banyak keywords ABADI merupakan pilihan terbaik karena akan terus dicari banyak orang via search engine.

0 Response to "Beberapa Tips Mengoptimasi Blog/Website Untuk Pemain Google Adsense Pemula"

Post a Comment